Strategi Bisnis = Strategi Militer ?

Strategy

Pertanyaan sebagai judul dari postingan ini akan menggelitik anda untuk menjawabnya dengan segera. Mungkin sebagian dari anda menjawab: tidak sama, dengan alasan bidang garapnya memang berbeda. Sehingga cara-cara yang ditempuh untuk mengatasi kendala pada dua bidang tersebut berlainan. Namun, sebagian dari anda yang lain menjawab: sama, dengan argumen bahwa kedua bidang tersebut sama-sama berupaya mengatasi ancaman (pesaing) dari luar. Sehingga kedua bidang tersebut mempunyai strategi yang mirip atau hampir sama.

 

Kedua jawaban tersebut memang sama-sama ada benar dan salahnya. Karena, kalau dikatakan tidak sama memang benar tidak sama, jika kita membandingkan bisnis dengan militer seperti kita membandingkan apel dengan jeruk. Atau dengan kata lain, memang berbeda dari tata cara dan prosedur kedua bidang tersebut. Akan tetapi, esensi dari strategi yang digunakan oleh kedua bidang tersebut (bisnis dan militer) adalah memang mirip atau hampir sama.

 

Sebagaimana yang telah saya uraikan pada postingan sebelumnya, bahwa sebenarnya strategi sudah ada sejak masa primitif. Namun, istilah strategi baru muncul pada abad ke-18. Dan, yang pertama mengenalkan, menggunakan dan mengembangkannya adalah militer.

 

Baiklah, agar tidak memperpanjang perdebatan, berikut saya sampaikan beberapa hal yang sama antara strategi bisnis dan militer.

 

  1. Menggunakan istilah yang sama seperti sasaran, misi, kekuatan dan kelemahan.
  2. Sasaran utama adalah memperoleh keunggulan kompetitif.
  3. Berusaha menggunakan kekuatan-kekuatan sendiri dalam menggempur kelemahan lawan.
  4. Keberhasilan yang dicapai bukanlah kisah sukses yang berasal dari strategi kebetulan.
  5. Keberhasilan adalah produk dari perhatian terus menerus terhadap keadaan-keadaan eksternal dan internal yang selalu berubah, dan perumusan serta pelaksanaan upaya adaptasi terhadap keadaan-keadaan tersebut.
  6. Unsur tak terduga (element of surprise) memberikan keunggulan kompetitif yang besar.
  7. Sistem informasi yang memberikan data mengenai strategi-strategi dan sumber daya lawan atau pesaing adalah sangat penting.
  8. Perumusan dan pelaksanaan strategi yang unggul dapat mengalahkan keunggulan lawan dalam hal jumlah dan sumber dayanya.
  9. Pihak yang masih menggunakan strategi dan taktik lama akan dapat dikalahkan oleh pihak yang menggunakan strategi dan taktik yang baru.
  10. Harus selalu beradaptasi terhadap perubahan-perubahan dan harus selalu meningkatkan diri sendiri supaya berhasil.

 

Dalam banyak hal, memang strategi bisnis mirip dengan strategi militer, dan para perencana strategi militer telah belajar banyak selama berabad-abad. Hal ini menguntungkan para perencana strategi bisnis saat ini. Meskipun mempunyai beberapa kesamaan, akan tetapi antara strategi bisnis dan militer mempunyai perbedaan mendasar di antara keduanya. Seperti, perumusan, pelaksanaan dan evaluasi strategi bisnis dilakukan dengan situasi dan kondisi persaingan, sedangkan strategi militer didasarkan atas situasi dan kondisi konflik. Para perencana strategi bisnis bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan berharga yang telah dikembangkan oleh para pemikir militer dari waktu ke waktu, dan bukan sebaliknya.

 

 

 

Sumber: Fred R. David dalam Strategic Management: Concepts (2004)

5 Tanggapan

  1. Artikel yang sungguh bermanfaat, menambah pengetahuan dan bisa saling berbagi.sukses selalu.
    Semoga blog ini semakin memberi yang terbaik bagi netter Indonesia.

    • Terima kasih atas kunjungannya. Semoga kita selalu dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua.

  2. saya rasa ada benarnya,misalnya SWOT dengan mengetahui kelebihan,kelemahan, kesempatan, dan ancaman pada bisnis kita akan dapat menjalankan bisnis kita, dalam militer pun juga begitu memerlukan pengetahuan tentang kekuatan, kelebihan, kesempatan, dan ancaman yang dapat diambil dari musuh negara.

  3. Memang menarik ya kalau membahas dunia bisnis..tapi memakai analogi militer.

    Mungkin lain kali perlu tuh mas membahas topik bisnis lainnya, tapi pakai analogi yang menarik juga…

  4. salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: