Anda ingin Berhasil Membuat Rencana Strategi?

tips

Membuat rencana strategi merupakan proses yang sangat rumit dan kompleks yang membawa organisasi ke wilayah yang belum pernah dipetakan. Dan, rencana strategi bukanlah resep sukses yang siap saji. Sebaliknya, rencana strategi membawa organisasi dalam sebuah perjalanan dan memberikan kerangka panduan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan menyelesaikan masalah. Untuk itu, sering dialami oleh pemilik bisnis adanya kesulitan dalam membuat rencana strategi yang berhasil.

 

Bagaimana agar berhasil… ?  Jangan khawatir, saya akan berikan tips kepada anda untuk membuat rencana strategi yang cemerlang… !

 

Perlu saya sampaikan bahwa kunci keberhasilannya adalah menyadari bahwa ada potensi masalah dan bersiap diri untuk menghadapinya. Maka, dalam membuat rencana strategi yang cemerlang anda harus waspada dan menghindari sejumlah potensi masalah berikut:

 

  1. Menggunakan rencana strategi untuk mengendalikan berbagai keputusan dan sumber daya.
  2. Membuat rencana strategi hanya untuk memenuhi persyaratan akreditasi dan peraturan.
  3. Terlalu cepat berpindah dari pengembangan misi ke perumusan strategi.
  4. Tidak mengkomunikasikan rencana kepada para karyawan, yang terus bekerja dalam kegelapan.
  5. Para manajer puncak membuat banyak keputusan intuitif yang bertentangan dengan rencana resmi.
  6. Para manajer puncak tidak secara aktif mendukung proses perencanaan strategi.
  7. Tidak bisa menggunakan rencana sebagai standar untuk mengukur kinerja.
  8. Mendelegasikan perencanaan kepada “perencana” dari pada melibatkan semua manajer.
  9. Tidak melibatkan karyawan-karyawan kunci di semua fase perencanaan.
  10. Tidak bisa menciptakan iklim kerja sama yang mendukung perubahan.
  11. Memandang perencanaan sebagai hal yang tidak perlu atau tidak penting.
  12. Menjadi larut dengan masalah-masalah saat itu, sehingga perencanaan tidak atau kurang dilakukan.
  13. Menjadi demikian formal dalam perencanaan sehingga tidak memberikan ruang bagi fleksibilitas dan kreativitas.

 

 

Sumber: Fred R. David dalam Strategic Management: Concepts (2004)

Satu Tanggapan

  1. luar biasa ya infonya….

    semoga sukses aja ni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: