Bagaimana Misi Bisnis Anda?

misi

Sebetulnya postingan ini masih sangat erat kaitannya dengan postingan saya yang lalu tentang visi. Karena untuk memudahkan anda memahami isi materi, maka saya bagi dua postingan tersebut. Secara umum, memang apabila menyebut kata misi, pasti akan menyebut pula kata visi. Tapi biasanya orang akan menyebut visi dulu, kemudian misi. Dan, dalam urusan bisnis – baik profit maupun non-profit – dua kata itu identik dengan apa yang menjadi tujuan bisnis dan bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. 

 

Semua organisasi (bisnis) pasti mempunyai misi yang dijalankan sebagai alasan keberadaannya, bahkan jika para pebisnis belum secara sadar menjadikan alasan tersebut dalam bentuk tertulis. Namun, tidak semua pebisnis mampu menulis pernyataan misi bisnisnya secara baku dan menggunakannya sebagai pedoman bisnisnya. Masalah ini banyak ditemukan bahkan di beberapa organisasi besar. Padahal pernyataan misi yang baik, menurut Fred R. David, bisa “mengungguli” motivasi karyawan yang bekerja hanya untuk memperoleh laba tinggi. Maka, agar tidak melakukan kesalahan dalam memahami pernyataan misi bisnis simaklah baik-baik uraian berikut.    

 

Apakah Pernyataan Misi ?

Menurut Peter Drucker pernyataan misi adalah merupakan jawaban dari pertanyaan, “Apa bisnis kita”. Suatu pernyataan tujuan yang selalu ada dan yang membedakan sebuah organisasi dari beberapa organisasi yang lain. Pernyataan misi adalah suatu deklarasi mengenai “alasan keberadaan” suatu organisasi. Kadang-kadang juga disebut sebagai pernyataan keyakinan, pernyataan tujuan, pernyataan filosofis, pernyataan kepercayaan, pernyataan prinsip-prinsip bisnis, atau pernyataan yang “mendefinisikan bisnis anda”. Selain itu, pernyataan misi mengungkapkan keinginan organisasi untuk menjadi apa dan siapa yang dia layani.

 

Contoh pernyataan misi:

Bellevue Hospital, dengan sikap hormat, kasih sayang, jujur dan berani menghargai kepribadian dan menjaga kerahasiaan para pasien, karyawan dan masyarakat, serta secara aktif mengantisipasi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk masa depan.   

 

Mengapa Anda Perlu Menyatakan Misi Bisnis Anda?

Pernyataan visi dan misi yang dibuat secara seksama diakui secara luas, baik oleh para praktisi maupun para akademisi sebagai langkah pertama dalam manajemen strategis. Sehingga dengan pernyataan misi tersebut anda akan sangat terbantu dalam menetapkan tujuan-tujuan dan merumuskan strategi secara efektif. Selain itu, misi bisnis anda dapat dijadikan dasar untuk membuat prioritas, strategi, rencana dan penugasan kerja. Atau dengan kata lain, misi bisnis anda merupakan titik awal untuk merancang pekerjaan-pekerjaan manajerial, dan yang paling penting adalah untuk merancang struktur manajerial.

 

Secara lebih rinci mengapa perlu mengungkapkan misi bisnis anda secara teliti dan seksama, karena pernyataan misi:

 

  • Memastikan adanya kesatuan tujuan dalam organisasi tersebut.
  • Menjadi landasan atau standard dalam mengalokasikan sumber daya organisasi.
  • Menciptakan nada atau iklim organisasi yang sama.
  • Sebagai acuan bagi setiap individu dalam memahami tujuan dan arah organisasi tersebut secara lebih jauh turut serta dalam kegiatan organisasi.
  • Memfasilitasi penerjemahan tujuan-tujuan organisasi ke struktur kerja termasuk penugasan kepada bagian-bagian yang bertanggung jawab dalam organisasi.
  • Menjelaskan tujuan-tujuan organisasi dan menterjemahkan tujuan-tujuan tersebut menjadi beberapa sasaran kegiatan yang memiliki parameter biaya, waktu, dan kinerja yang dapat dinilai dan diawasi.

 

Bagaimana Korelasi Misi dengan Visi ?

Bila diterjemahkan visi adalah “keadaaan masa depan suatu organisasi yang mungkin terjadi dan diinginkan” yang mencakup tujuan-tujuan khusus, sedangkan misi lebih terkait dengan perilaku dan masa kini. Tujuan-tujuan khusus yang dikandung visi tersebut dapat dicapai bila misi yang dibangun dapat dapat dijalankan dengan baik. Keseluruhan proses mulai dari visi turun ke tujuan bisnis adalah sangat iteratif. Namun, seharusnya misi mengikuti visi. Hal ini karena tujuan (misi) organisasi dapat berubah untuk mencapai visinya. 

 

Sebagai contoh, untuk mencapai visi dari perusahaan asuransi, “Menjadi Perusahaan Asuransi Terpercaya”, misi yang pertama bisa seperti, “Membuat masyarakat aman secara finansial” sebagai penekanannya pada produk asuransi tradisional. Pada tahap selanjutnya perusahaan dapat membuat misinya sebagai “Membuat uang bekerja untuk masyarakat” ketika perusahaan tersebut melibatkan produk non-traditional unit linked investment.

 

Bagaimana Membuat Pernyataan Misi yang Baik ?

Untuk membuat pernyataan misi yang baik (efektif) untuk bisnis, anda dapat mengikuti kriteria berikut:

 

  • Tidak boleh terlalu panjang, sebaiknya kurang dari 200 kata.
  • Dapat membangkitkan perasaan dan emosi yang positif terhadap organisasi.
  • Dapat menimbulkan semangat dalam pengertian bahwa pernyataan tersebut dapat memotivasi pembacanya untuk bertindak.
  • Memunculkan kesan bahwa perusahaan tersebut sukses, mempunyai arah, dan cukup berharga untuk waktu, dukungan, dan investasi yang dikeluarkan untuk semua kelompok social-ekonomi.
  • Mencerminkan arah dan strategi pertumbuhan di masa depan yang didasarkan atas analisis internal dan eksternal yang berpandangan ke depan.
  • Harus memberikan kriteria yang berguna dalam memilih di antara strategi-strategi alternatif.
  • Menjadi landasan untuk memunculkan dan menyaring pilihan-pilihan strategis.
  • Harus memiliki orientasi yang dinamis, sehingga dapat menilai arah pertumbuhan yang paling menjanjikan dan yang kurang menjanjikan.

 

Diolah dari beberapa sumber.

4 Tanggapan

  1. memang visi dan misi itu sangat penting untuk tujuan suatu program bisnis.salam kenal ya..berkunjung

  2. Sepakat mas Baitul Alim. Karena memang visi dan misi harus ditetapkan dulu sebelum menentukan strategi bisnis.

  3. Selamat sore Pak Muhammad Ansori, maaf ya…koment yang dulu belum dibalas karena kelewat perjalanan, dan ketika buka-buka baru terpantau ada koment yang belum dibalas, Pak Ansori Visi itu penting bagi seorang Pemimpin tanpa visi seorang Pemimpin tidak mempunyai arah tujuan, Tujuan pemimpin sebagai agen perubahan yang menghasilkan keputusan-keputusan, investasi dan perubahan-perubahan organisasional yang diperlukan dalam merealisasikan visi, Demikian yang dapat saya sampaikan, Terima kasih tulisan yang bagus, Posting lagi yang lainnya lain waktu saya berjalan-jalan lagi di blog, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  4. wah untuk visi dan misi emang haru ada dalam sebuah progra, bukan hanya harus bahkan sangat penting untuk tujuan suatu seperti bisnis.

    salam kenal ya..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: